Sabtu, 08 Januari 2011

Thousand Island

Bagi yang belum mengenal pulau seribu, pulau seribu terletak di sebelah utara kota Jakarta, pulau nya sangat banyak dan tersebar, ada pulau yang kosong, pulau ber penduduk seperti pulau bidadari, pulau Pramuka, pulau tidung, Pulau Pari, Untung Jawa dll, ada pulau konservasi seperti pulau Burung, ada pulau private yang dimiliki oleh perseorangan dan ada pulau Resort.


Nama pulau yang terdapat di pulau seribu bermacam – macam dan semua berada di kepulauan Seribu.


*Akses ke pulau seribu


Untuk mencapai pulau seribu, saat ini hanya menggunakan tranportasi laut dan dermaga yang melayani kepulau seribu antara lain dermaga marina ancol, tanjung Priok, dermaga pasar ikan (dengan kapal ojek yaitu kapal kayu bermesin motor (inboard). Tangerang; P. tanjung pasir, karang serang.


Untuk kapal cepat umumnya didapat dari dermaga Marina ancol dengan harga yang relatif lebih tinggi, sewa dihitung dari kapasitas kapal dan pulau tujuan, semakin jauh pulau yang dituju, semakin tinggi harga sewa nya. maklum untuk konsumsi bahan bakar kapal cukup tinggi rata-rata menghabiskan 60 – 70 liter bahan bakar per jam per mesinnya..


Untuk tujuan pulau Resort, umumnya manajemen pulau telah menyiapkan kapal – kapal speed boat nya dengan berbagai kapasitas penumpang dan saran kami jika ingin berlibur di pulau seribu perhatikan tips dibawah ini.


* Tujuan berlibur..?


Jika hanya ingin menikmati keindahan alam dan pulau seribu, cukup berkunjung ke pulau terdekat seperti pulau Bidadari atau Pulau Ayer (untuk resort) dan bagi yang mempunyai budget yang mepet dapat memilih pulau penduduk yang dekat seperti pulau Untung Jawa. Pulau – pulau ini terletak dekat dengan Jakarta dengan speed boat hanya ditempuh dalam waktu 20 menit, dikarenakan lokasinya yang masih dekat dengan Jakarta maka kondisi air laut nya pun masih sama dengan Jakarta. tidak di rekomendasikan untuk snorkeling, berenang apalagi diving, karna kondisi air nya keruh.


Untuk wisatawan yang ingin menikmati keindahan laut nya, sarannya berkunjung kepulau yang relatif jauh dari Jakarta seperti pulau Putri, Kotok, pulau Sepa atau Pulau Pantara.


Pulau Sepa adalah pulau yang paling budget (lebih murah) dari ke tiga pulau yang berlokasi jauh dari Jakarta.


* Budget..?


Budget harga ke pulau Resort lebih tinggi dari pada pulau Penduduk seperti Untung Jawa, Pramuka dll.
jika ingin menginap, pulau Bidadari adalah pulau yang mempunyai harga terendah dari semua pulau dan jika ingin berkunjung ke pulau yang jauh, kami sarankan pulau Sepa.


* Waktu berwisata


Untuk weekdays (senin – jumat) umumnya jumlah pengunjung kepulau seribu sedikit dan manajemen pulau umumnya mengenakan minimum penumpang. Bulan terbaik dalam arti gelombang yang bagus di bulan Maret,April, Mey,June,July, August.. sedangkan bulan – bulan lain umumnya laut bergelombang. tetapi belakangan ini cuaca telah berubah dan gelombang pagi hari lebih bersahabat dari pada sore hari.


* Snorkeling, Diving..


Untuk yang ingin snorkeling dan diving bisa memilih pulau Kulkul Kotok, Pulau Putri, P. tikus,P. Sepa dan pulau Pantara.


* Memancing


Memancing dapat dilakukan di pulau, untuk pulau Ayer mereka menyiapkan dermaga pancing dan bagi yang ingin memancing ditengah laut dapat menyewa kapal kapal nelayan dengan kapasitas +/- 10 orang, harga sewa bervariasi sekitar 200 – 300 ribu / jam.


* Watersport


Umumnya setiap resort mempunyai fasilitas watersport seperti jetski, canoe banana boat. Pulau Putri mempunyai fasilitas lain yang free of charge antara lain; Sunset cruise, underwater tunnel aquarium dan Glass Bottom boat.


* Floating cottage


Floating cottage adalah cottage yang didirikan diatas air laut, hanya terdapat di pulau Bidadari dan pulau Ayer (standard,family dan VIP)


Semoga sedikit info diatas dapat membantu Anda memilih tempat liburan kepulau seribu seusai tujuan dan budget liburan..


Selamat berlibur

0 komentar:

Posting Komentar

 
footer